Kamu adalah Garam Dunia

Oleh: Pst. Max Chandra

Garam adalah kebutuhan utama hidup manusia. Garam juga adalah bumbu masak yang paling murah. Tujuh puluh persen bumi ini ditutupi oleh lautan dan konsentrasi garam dalam air laut adalah 7,8%, yang artinya setiap liter air laut mengandung 78 gram garam.

Tuhan Yesus mengatakan dalam Matius 5:13 bahwa “Kamu adalah garam dunia”. Orang Kristen adalah garam dunia. Keberadaan orang Kristen di dunia seperti garam yang fungsinya sangat penting bagi kehidupan manusia. Tidak dapat dibayangkan apakah jadinya jika di dunia ini tidak ada orang Kristen? Orang Kristen membangun sekolah, rumah sakit, panti jompo, panti asuhan, dan banyak lagi yayasan sosial lainnya.

Apakah fungsi dari garam?

Pertama-tama ialah penyedap rasa.  Puji syukur kepada Tuhan bahwa manusia adalah makhluk hidup yang mempunyai indra rasa yang paling sempurna, dapat berasakan jutaan aneka rasa masakan, indra seperti ini tidak dimiliki oleh binatang.  Garam memberikan rasa sedap. Apakah jadinya jika masakan tidak ada garamnya?

Keberadaan orang Kristen di dunia ini memberikan rasa damai, sukacita dan pengharapan kepada umat manusia!!! Yesus berkata damai yang Dia berikan tidak ada di dalam dunia ini, tidak dapat dibeli. Damai dan sukacita dalam Tuhan Yesus adalah terpancar dari dalam hati dan berasal dari Tuhan, tidak dipengaruhi oleh kondisi dan keadaan di luar.  Dalam kesusahan tetap ada damai dan sukacita.

Fungsi kedua dari garam ialah mencegah pembusukan. Ikan yang tidak terjual dari pedagang ikan dapat diawetkan dengan mengasinkannya. Garam mempunyai fungsi mengawetkan. Ikan di laut yang besar dan kecil akan mati dalam usia tertentu, setiap hari sangat banyak yang mati namun air laut tidak menjadi busuk. Mengapa?  Karena garam dalam air laut itu berfungsi mencegah pembusukan.  Keberadaan orang Kristen juga mencegah kehancuran dunia ini.  Pengampunan yang diajarkan dan dicontohkan Yesus adalah ciri khas orang Kristen. Yesus di atas kayu salib berdoa mohon kepada Bapa mengampuni orang yang menyalibkan-Nya. Dia mengajarkan supaya mengasihi musuh dan mendoakan orang yang menganiaya kita.

Sekiranya orang Kristen dapat mengampuni orang Islam maka tidak perlu ada pembunuhan 70,000 orang Islam di Yerusalem dan tidak perlu ada perang salib selama 180 tahun. Di Afrika Selatan setelah pemerintahan orang Eropa berakhir, Nelson Mandela keluar dari penjara dan menjadi presiden Afrika Selatan, dia tidak membalas dendam terhadap pemerintahan sebelumnya yang sewenang-wenang dan kejam kepada orang asli Afrika Selatan. Sehingga revolusi terjadi tanpa pertumpahan darah karena ada pengampunan. Dia mengatakan: “forgive but not forget” ampuni meskipun tidak mungkin melupakannya. Dunia ini tidak kacau kalau ada pengampunan. Peperangan dapat dihentikan kalau ada pengampunan. Keluarga bahagia kalau ada pengampunan. Tidak ada kekerasan dalam keluarga kalau ada pengampunan.

Fungsi ketiga dari garam ialah mengatur tekanan darah kita.  Tinggi rendahnya tekanan darah dipengaruhi oleh kental encernya darah.  Kental encernya darah dipengaruhi oleh garam yang kita konsumsi.  Kita tidak boleh tidak makan garam tetapi tidak boleh juga makan terlalu banyak garam. Perlu keseimbangan. Orang Kristen memiliki kasih, tetapi kasih harus disertai dengan keadilan. Dalam kehidupan kita ada kalanya harus mengalah ada kalanya harus tegas. Ada kalanya mengampuni ada kalanya mendisiplinkan orang lain. Yesus mengampuni perempuan penzina tetapi mengobrak-abrik pedagang di dalam Bait Allah.

Previous
Previous

Failed to Remember

Next
Next

Mengenal Untuk